Bukan Tiga Dara ala Marilyn Monroe

Belakangan ini saya baru benar-benar memperhatikan Marilyn Monroe. Oke, dia begitu seksi dalam berbagai hal. Tapi selebihnya saya hanya tahu sedikit tentang Monroe. Sampai akhirnya saya bertemu dengan "Some Like It Hot". Film komedi tahun 1959 besutan Billy Wilder yang mampu membuat saya tersenyum-senyum sepanjang menikmatinya.

Sumber Gambar : IMDB
RESENSI
Bukan Tiga Dara. Film ini bercerita tentang band wanita. Tiga di antara pemain band yang menjadi tokoh Utama adalah Sugar "Kane" Kowalczyk (Marilyn Monroe), Josephine (Tony Curtis), dan Daphne (Jack Lemmon).  Sugar merupakan pemain ukulele merangkap penyanyi, Josephine bermain saxophone, dan Daphne memegang bass. 

Josephine dan Daphne sebenarnya dua laki-laki bernama Joe dan Jerry. Mereka adalah pemain band di Rumah duka yang merupakan kamuflase klub bernama Speakeasy milik mafia "Spats" Colombo di Chicago. Pada suatu malam, Speakeasy digrebek polisi berkat bocoran informasi mafia "Toothpick" Charlie.

Joe dan Jerry berhasil selamat dari penggebrekan polisi. Terlunta-lunta karena tidak punya uang, keduanya menerima tawaran tampil yang ternyata berujung kepada peristiwa berdarah. Joe dan Jerry tak sengaja menjadi saksi mata aksi kawanan Spats yang menghabisi nyawa Toothpick dan anggota gangsternya.

Ide pun tiba-tiba muncul agar Joe dan Jerry selamat dari kejaran Spats. Mereka menyamar menjadi  wanita dan mendaftar sebagai pemain band wanita yang akan disewa untuk tampil di Florida. Selamat tinggal Chicago yang kelam dan penuh darah. Selamat datang Florida yang ceria dan penuh warna (walau filmnya masih hitam putih :P). 

Joe berubah menjadi Josephine. Jerry menjadi Daphne. Mereka jadi anak asuh Sweet Sue. Keragu-raguan aksi penyamaran menjadi wanita tiba-tiba lenyap ketika mereka melihat perempuan yang penuh pesona bernama Sugar Kane. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk berkarib dengan Sugar yang ternyata seorang alcoholic

Gambar : IMDB


Sugar bercerita tentang patah hatinya karena dicampakkan pemain saxophone. Dia ingin membalas sakit hatinya dengan berburu jutawan tampan yang konon bertebaran di Florida. "Joe"sephine  mulai jatuh hati kepada Sugar namun harus bersaing dengan Daphne - Jerry, sahabatnya sendiri.

Pertarungan cinta dimulai. Di sela-sela kesibukan menjadi Josephine, Joe menyamar menjadi seorang pengusaha muda pewaris Perusahaan Shell Oil. Sugar langsung terpesona dan jatuh cinta dengan Shell Junior ini yang bercerita punya kekayaan melimpah namun masih single. 

Lain cerita dengan Daphne. Kendati memiliki perawakan perempuan yang tinggi dan kokoh, Daphne menarik perhatian Osgood Fielding III yang jutawan sungguhan. Osgood yang bocah tua nakal ini jatuh cinta dengan Daphne. Joe memanfaatkan yacht Osgood untuk tempatnya berkencan dan memperdayai Sugar. Kencan satu malam berakhir indah bagi dua pasangan ini. Sugar dan Joe (dalam rupa Shell Junior) saling jatuh cinta setengah mati. Osgood dan Jerry (yang terlena dengan indentitas seorang Daphne) juga tenggelam dalam asmara. Keduanya bahkan telah bertunangan. Jerry tidak peduli lagi sosok aslinya karena merasa masa depannya terjamin oleh kekayaan Osgood.

Semua kisah cinta tiba-tiba buyar karena ternyata hotel tempat mereka tampil juga menjadi tuan Rumah konfrensi "Friend of Italian Opera". Konfrensi bagi para mafia Italia dan salah satunya adalah Spats dan kawanannya. Joe dan Jerry tidak dapat menyembunyikan penyamarannya lagi.

Mereka berusaha kabur dari kejaran para mafia dengan memanfaatkan yacht milik Osgood. Sebelum berpisah, Joe memberikan ciuman perpisahan kepada Sugar dan saat itulah Sugar sadar pria yang dicintainya adalah Josephine (atau Joe). Mereka berempat akhirnya berhasil kabur dari hotel dan dikisahkan sama-sama berlabuh dalam cinta yang absurd.

DONGENG KOMEDI CINTA CINDERELLA 1950-AN
Some Like It Hot menurut saya merupakan penggambaran Cinderella syndrome di tahun 1950-an namun dikemas dalam bentuk komedi. Ada unsur konyol yang menyerempet ke cinta sesama jenis yang tertuang dalam adegan terakhir film. 

Jerry: Oh no you don't! Osgood, I'm gonna level with you. We can't get married at all.
Osgood: Why not?
Jerry: Well, in the first place, I'm not a natural blonde.
Osgood: Doesn't matter.
Jerry: I smoke! I smoke all the time!
Osgood: I don't care.
Jerry: Well, I have a terrible past. For three years now, I've been living with a saxophone player.
Osgood: I forgive you.
Jerry: [tragically] I can never have children!
Osgood: We can adopt some.
Jerry: But you don't understand, Osgood! Ohh...
[Jerry finally gives up and pulls off his wig]
Jerry: [normal voice] I'm a man!
Osgood: [shrugs] Well, nobody's perfect!

Di luar berbagai jenis seksisme, Some Like It Hot menyajikan musik band yang enak didengar. Marilyn Monroe dapat bernyanyi yang dapat membuat penontonnya gegeretan. Tidak ada adegan ranjang berlebihan namun film ini disarankan untuk 18+. Sekalipun saya juga sangsi sih masih ada penonton muda yang tertarik dengan film hitam putih.

Well, nobody's perfect right?  


***

Cherish The Life,
Evi Panjaitan




Comments